Kamis, 01 Maret 2012

Sunan Bejagung

by isasukemura-kiyoshi.blogspot.com

Situs wisata religi makam Sunan Bejagung atau Syaikh Abdullah Asy’ari yang semasa hidupnya popular menjadi penyulut pelita dan muadzin di Masjidil Haram, terletak di Desa Bejagung, Kecamatan Semanding Tuban. Dari pusat kota bergelar Bumi Ronggolawe ini, berjarak sekitar satu kilometer ke selatan, atau satu jalur dengan obyek wisata pemandian Bektiharjo.
Akses jalan menuju dua kompleks pemakaman yang disebut Bejagung Lor (utara) dan Bejagung Kidul (selatan) kini sudah beraspal hotmix. Di kawasan ini juga terdapat kompleks pemakaman Citro Sunan yang letaknya hanya dibatasi jalan raya jurusan Tuban-Bojonegoro..

Sebagai situs makam keramat, makam Sunan Bejagung yang dipayungi puluhan pepohonan tua berusia ratusan tahun itu diyakini menyimpan berkah. Di antaranya dapat mengeluarkan diri dari nasib ruwet, sekaligus sebagai obat mujarab untuk menyembuhkan berbagai luka dan penyakit.
Di sebelah utara komplek makam terdapat sebuah sumur berbentuk persegi yang dipercaya sebagai salah satu maha karya Sunan Bejagung. Meski bentuk sumur di makam Bejangung Lor ini tak lazim, tapi airnya tak pernah kering sepanjang musim. Untuk menimbanya juga menggunakan pemintal seperti yang banyak digunakan para pengrajin batik gedog dari Kecamatan Kerek, Tuban, yang masyhur sampai mancanegara itu.
Kompleks pemakaman Bejagung Lord an Kidul dipromosikan sebagai wisata spiritual bersamaan paket wisata lainnya yang ada di Kabupaten Tuban. Salah satunya, para peziarah juga ditarik untuk mengunjungi Goa Akbar serta situs wisata alam lainnya dalam satu paket.

0 komentar:

Posting Komentar

Statistik :

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons